Wednesday 17 June 2015

OBYEK WISATA MENARIK DI KABUPATEN BANGLI

OBYEK WISATA MENARIK DI KABUPATEN BANGLI


Kabupaten Bangli merupakan satu-satunya kabupaten di Bali yang tidak memiliki wilayah laut, dimana kabupaten ini berada di bagian tengah pegunungan dan dataran tinggi 400 meter diatas permukaan laut, dan berjarak kurang lebih 40 km dari kota Denpasar.  Walaupun Kabupaten Bangli tidak memiliki wilayah laut, namun Bangli memiliki tempat wisata menarik dan menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan, diantaranya :


Kintamani


Kintamani merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Bali.  Berada di ketinggian 400 meter diatas permukaan laut, menjadikan Kintamani memiliki udara yang sejuk.  Di Kintamani kita dapat melihat pemandangan Gunung Batur dan keindahan dari Danau Batur, tepatnya dari Desa Penelokan.  Untuk mencapai tempat ini diperlukan waktu kira-kira 2,5 jam perjalanan dari kota Denpasar.


Pura Ulun Danu Batur


Pura Ulun Danu Batur ini terletak di Desa Kalanganyar, masih berada di sekitar kawasan wisata Kintamani.  Pura Ulun Danu Batur merupakan salah satu Pura Kahyangan Jagat di Bali yang upacaranya dirayakan setiap tahun yang dinamakan Ngusaba Kedasa.


Gunung Batur


Gunung Batur merupakan salah satu gunung aktif di Bali yang telah meletus berkali-kali.  Dikawasan Gunung Batur kita dapat melihat kawah gunung dan kaldera, serta bebatuan bekas letusan gunung yang menjadi daya tarik tersendiri.


Danau Batur


Danau Batur adalah salah satu obyek wisata andalan yang dimiliki Kabupaten Bangli.   Danau Batur ini merupakan danau terbesar di Bali, dan menawarkan keindahan alam yang spektakuler.  Untuk dapat berkeliling danau, kita dapat menyewa perahu di Desa Kedisan dengan harga yang terjangkau.


Obyek Wisata Toya Bungkah


Toya Bungkah masih berada di kawasan wisata Kintamani yaitu di Desa Kintamani.  Disii terdapat pemandian air panas alami yang terletak di pinggir Danau Batur yang sangat cocok untuk berendam melepas lelah sambil melihat pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur.


Pura Kehen


Pura Kehen merupakan salah satu Pura besar di Bangli dan salah satu Pura kuno yang terletak di Desa Cempaga di pusat kota Bangli.  Pura Kehen memiliki cerita-cerita unik yang menjadi kepercayaan masyarakat secara turun temurun yaitu pada pohon beringin besar yang ada diareal pura.  Masyarakat sangat percaya apabila terdapat batang pohon beringin yang patah maka akan terjadi musibah di Kabupaten Bangli.


Pura Puncak Penulisan


Pura ini juga merupakan salah satu Pura besar yang ada di Bangli dan bertempat di Desa Sukawana, kecamatan Kintamani.  Di dalam areal pura ini terdapat benda-benda peninggalan masa megalitikum sampai dengan masuknya peradaban Hindu ke Bali.


Desa Penglipuran


Salah satu tempat wisata menarik yang ada di Bangli yaitu Desa Penglipuran.  Desa ini merupakan salah satu desa tradisional di Bali yang masih mempertahankan adat istiadat yang diwariskan dari dahulu sampai sekarang.  Keistimewaan dari desa ini yaitu bagian depan rumah atau angkul-angkul.  Bentuk dari angkul-angkul ini seragam dengan suasana penataan halaman yang asri membuat kita merasakan nuansa Bali kuno.


Desa Trunyan


Desa Trunyan merupakan salah satu Desa Bali Aga atau penduduk Bali Asli yang terletak di pinggir Danau Batur.  Hal yang paling unik dari tempat ini yaitu tentang cara pemakaman orang yang telah meninggal, yaitu jenasahnya hanya diletakkan pada tempat khusus tanpa dikubur.  Untuk berkunjung ke tempat ini anda harus menyebrang danau dengan menyewa perahu atau boat.

No comments:

Post a Comment