Monday 15 June 2015

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN KLUNGKUNG

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN KLUNGKUNG


Kabupaten klungkung merupakan salah satu kabupaten yang memiliki wilayah terkecil dibandingkan dengan kabupaten lainya di Bali.  Kabuten Klungkng berbatasan dengan kabupaten Bangli pada bagian utara, Kabupaten Karangasem di bagian timur, Kabupaten Gianyar di bagian barat dan Samudera Hindia di bagian selatan.  Dahulu Klungkung merupakan pusat perintahan kerajaan di Bali setelah Kerajaan Bali Kuno runtuh, tepatnya berada di Gelgel yang bernama Kerajaan Gelgel.
Walaupun luas wilayah Kabupaten Klungkung kecil, namun kabupaten ini memiliki tempat wisata yang menarik yang patut anda kunjungi bila berlibur ke Bali, diantaranya :


Kertha Gosa

Obyek wisata Kertha Gosa adalah kompleks bangunan terbuka yang merupakan bagian dari Puri Agung Semarapura dan dibangun pada masa pemerintahan Dewa Agung Jambe pada tahun 1686.

Bangunan Kertha Gosa pada zaman dahulu mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai tempat persidangan yang dipimpin oleh raja sebagai hakim tertinggi,  sebagai tempat pertemuan bagi raja-raja yang ada di Bali dan  sebagai tempat melaksanakan upacara Manusa Yadnya atau potong gigi (mepandes) bagi putera-puteri raja.

                                         

Bangunan Kertagosa dan Taman Gili terdiri atas dua lantai.  Atap bangunan terbuat dari ijuk dan dilengkapi dengan undak (tangga naik).  Atap tersebut diberi tambahan yang berupa hiasan patung dan relief (mengelilingi bangunan).  Di samping itu pada langit-langit (plafon) diberi tambahan hiasan berupa lukisan tradisional bermotif wayang yang dilukis dengan gaya Kamasan.  Lukisan yang ada di langit-langit bangunan Taman Gili berisi tentang cerita Sutasoma, Pan Brayut dan Palalintangan.  Sedangkan, pada langit-langit bangunan Kertagosa lukisannya mengambil cerita Ni Dyah Tantri, Bima Swarga, Adi Parwa dan Pelelindon. Tema pokok dari cerita-cerita itu adalah parwa, yaitu Swaragaronkanaparwa yang memberi petunjuk hukum kerpa pahala/ karma phala (akibat dari baik-buruknya perbuatan yang dilakukan manusia selama hidupnya) serta penitisan kembali ke dunia karena perbuatan dan dosa-dosanya.


Pura Goa Lawah


Pura Goa Lawah terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan yaitu bagian timur dari Kabupaten Klungkung kurang lebih 10 km dari kota Semarapura, dan berdekatan dengan Kabupaten Karangasem.  Di areal Pura ini banyak terdapat kelelawar yang dilindungi.


Desa Kamasan

Desa Kamasan merupakan tempatnya para pelukis tradisional, dimana lukisan-lukisan yang terdapat di desa ini memiliki ciri khas tersendiri dan berbeda dengan jenis lukisan lainya.  Anda dapat membeli lukisan khas tersebut dengan harga yang terjangkau jika anda pintar menawar tentunya.


Pantai Kusamba

Pantai Kusamba merupakan pantai berpasir hitam yang memiliki keindahan seperti pantai lainnya.  Jika anda berkunjung ke pantai Kusamba, selain anda melihat pemandangan laut anda juga dapat melihat proses pembuatan garam, karena di pantai Kusamba ini banyak para penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani garam.


Nusa Penida

Pulau Nusa Penida merupakan bagian dari Kabupaten Klungkung yang letaknya dibagian selatan dengan dibatasi oleh lautan.  Pulau ini memiliki banyak tempat untuk diving yang sangan digemari oleh wisatawan.  Untuk mencapai Pulau Nusa Penida anda harus menyeberang dengan perahu atau boat selama kurang lebih 30 menit perjalanan.


Nusa Lembongan

Pulau ini terletak disebelah utara dari Pulau Nusa Penida.  Pulau yang sedang dikembangkan pariwisatanya ini memiliki banyak tempat menarik untuk diving dan senorkeling, dimana pantai nusa lembongan memiliki terumbu karang yang bagus dan jenis yang beraneka ragam, serta pemandangan alam pantainya yang berpasir putih dengan perpaduan karang  membawa daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

1 comment:

  1. Bingung mencari kendaraan?
    Bingung menyewa kendaraan dimana?
    Bingung mencari harga yang pas?
    Share Trans solusinya.
    Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
    Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

    ReplyDelete