Monday 11 May 2015

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN KARANGASEM

TEMPAT WISATA MENARIK DI KABUPATEN KARANGASEM


Karangasem merupakan salah satu kabupaten di Bali yang letaknya di ujung timur dengan ibu kotanya Amlapura.  Jika ditempuh dari Kota Denpasar, memakan waktu 2,5 jam perjalanan.  Apabila anda datang berlibur ke Bali, sempatkanlah untuk mengunjungi Karangasem, karena di daerah ini banyak terdapat obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya :

Pura Besakih


Pura ini terletak di kaki Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali.  Pura Besakih berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.  Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 pura utama yaitu Pura Penataran Agung dan 18 pura pendamping yaitu 1 Pura Basukian dan 17 Pedarman.  Pura Penataran Agung adalah Pura terbesar di areal komplek Pura Besakih, terdapat 3 candi (pelinggih) sebagai stana dari Tuhan dalam manifestasinya sebagai Tri Murti yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa.  Pura Besakih dimasukkan ke dalam situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1995.


Tirtha Gangga


Obyek wisata Tirta Gangga terletak disebelah utara kota Amlapura.  Tirta Gangga adalah sebuah istana taman air kerajaan yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem yaitu Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem.  Di dalam taman air ini terdapat 11 air mancur berjenjang dikelilingi patung-patung.  Di taman air ini Anda dapat mandi dan berenang sambil melepas melepas lelah karena disediakan tempat pemandian dengan air yg dingin dan bersih.


Telaga Waja


Telaga Waja merupakan sungai di Desa Rendang.  Jika anda menyukai olah raga yang menantang, disinilah tempatnya.  Telaga Waja sangat cocok untuk olah raga rafting, dimana Telaga Waja memiliki air yang bersih dan arusnya deras yang sangat menantang.


Tenganan Pegringsingan


Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis sebelah barat kota Amlapura.  Desa ini merupakan Desa Bali Aga yaitu penduduk Bali Asli yang memiliki adat yang berbeda dari tempat lainnya yang diwariskan secara turun temurun.  Tempat ini terkenal dengan kain tenunnya yaitu Kain Geringsing serta upacara adat Perang Pandan.


Candi Dasa


Obyek wisata ini berada disebelah timur Desa Tenganan kira-kira 20 menit perjalanan.  Candi Dasa terkenal dengan kawasan pantainya yang indah walaupun belum begitu populer dibandingkan dengan pantai kuta.  Candi Dasa yang terletak di Teluk Amuk ini terkenal juga dengan tempat menyelam.  Pulau-pulau kecil seperti Gili Biaha, Gili Tepekong, dan Gili Mimpang menambah keindahan pesona Candi Dasa.


Taman Sukasada Ujung


Taman wisata ini terletak di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem.  Dibangun oleh Raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik pada tahun 1909 dan selesainya tahun 1921.  Dahulu tempat ini dijadikan tempat peristirahatan para raja.  


Tulamben


Tulamben terletak di kecamatan Kubu yang bedekatan dengan Kabupaten Buleleng.  Tempat ini sangat cocok untuk senorkeling dan diving, dimana kita dapat menikmati indahnya pemandangan bawah laut dan dapat melihat kapal US Liberty yang tenggelam waktu perang dunia II.

1 comment: