Monday 18 January 2016

OBYEK WISATA FAVORIT DI KABUPATEN BADUNG


Kabupaten Badung merupakan kabupaten yang banyak memiliki tempat wisata terkenal dan wajib kita kunjungi bila berlibur ke Bali.  Sebagian besar obyek wisata favorit di kabupaten Badung yang paling banyak dikunjungi wisawan adalah wilayah pantainya.  Berikut tempat-tempat wisata menarik di Kabupaten Badung :


Pantai Kuta

Pantai berpasir putih ini merupakan obyek wisata yang sangat populer dikalangan wisatawan.  Pantai Kuta adalah surga bagi para surfer, dimana pantai ini memiliki ombak yang besar.  Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Kuta adalah pada sore hari karena kita dapat menikmati indahnya pemandangan sunset.

Pantai Legian

Pantai Legian terletak disebelah utara pantai Kuta, dan jaraknya sangat berdekatan.  Sama halnya dengan Pantai Kuta, pantai Legian juga memiliki pasir putih dan memiliki ombak yang panjang.  Pantai ini sangat cocok untuk bersantai dan berjemur menikmati keindahan pantai.

Pantai Petitenget

Obyek wisata Pantai Petitenget terletak di Desa Kerobokan yaitu berada di sebelah utara dari Kuta kurang lebih berjarak 10 km.  Patai ini memiliki pasir yang putih dan bersih, sangat cocok untuk bersantai dan berjemur serta pada sore hari kita dapat menyaksikan indahnya matahari tenggelam.  Ditempat ini terdapat juga Pura Peti Tenget sebagai penyungsungan Ida Pedanda Sakti Wawu Rauh yang diperkirakan berdiri sekitar abad XV.

Pantai Canggu

Kawasan pantai ini berada dibagian selatan Desa Canggu, berjarak hanya beberapa Km dari Pantai Kuta.  Pantai Canggu menawarkan pemandangan laut dengan gelombang ombak yang tinggi sangat cocok untuk surfing.

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran terletak di Desa Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai.  Sama halnya dengan pantai lain yang ada di Badung, pantai Jimbaran juga memiliki pasir yang putih dengan pemandangan yang indah terutama pada pada sore hari dimana kita dapat melihat indahnya matahari terbenam dari tempat ini.  Salah satu yang terkenal di Jimbaran yaitu kuliner seafood seperti ikan bakar dengan aroma dan rasa yang khas.  Seafood tersebut berbahan dasar ikan yang segar karena tidak jauh dari pantai ini terdapat dermaga bagi para nelayan yang baru pulang dari melaut.

Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan yang tempatnya tidak begitu jauh dari Pura Uluwatu.  Untuk mencapai pantai ini kita harus berjalan kaki menuruni anak tangga yang berada disela-sela tebing batu karang.  Pantai Padang-Padang memiliki pemandangan yang indah dengan pasirnya yang putih, airnya yang jernih, dan dikelilingi oleh tebing dan batu karang yang berada disekitar pantai , serta suasananya yang tenang sangat cocok untuk bersantai.

Pura Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu terletak di ujung selatan Pulau Bali tepatnya di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan.  Pura yang berdiri kokoh diatas tebing batu karang ini pada mulanya digunakan untuk memuja seorang pendeta suci bernama Empu Kuturan dari abad ke-11 kemudian dipakai juga untuk memuja Ida Batara Dang Hyang Nirartha yang datang ke Bali membawa misi keagamaan dan beliau Moksah ditempat ini.  Waktu yang tepat untuk berkunjung ketempat ini yaitu pada sore hari, karena kita dapat menikmati indahnya matahari terbenam dari tempat ini.

Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Merupakan patu Dewa Wisnu mengendarai burung Garuda yang dibangun dengan ketinggian 140 meter dan diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarang pandang sampai 20 km.  Patung GWK ini merupakan karya dari masterpiece Bali I Nyoman Nuarta.  GWK pada saat ini digunakan sebagai taman budaya dan digunakan untuk acara-acara penting.  GWK berada di Jl. Uluwatu Bukit Ungasan, satu jalur perjalanan menuju Pura Uluwatu.

Pantai Dreamland

Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Bali dan salah satu pantai favorit dikalangan wisatawan terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta selatan dan berada titak jauh dari Garuda Wisnu Kencana (GWK).  Pantai ini dikelilingi tebing-tebing tinggi dan batu karang disekitar pantai.  Jika dibandingkan dengan Pantai Kuta, pengunjung dipantai ini tidaklah banyak.  Sehingga suasana dipantai ini sangat tenang dan cocok untuk bersantai dan berjemur.

Nusa Dua

Nusa Dua terletak di bagian selatan Pulau Bali, tepatnya di Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan kurang lebih 5 Km kearah timur dari Jimbaran.  Pantai Nusa Dua ini memiliki pasir putih dan ombak yang tenang, sangat cocok untuk beristirahat dan bersantai sambil menikmati pemandangan matahari terbit.  Dikawasan wisata ini terdapat hotel-hotel berbintang yang sering digunakan untuk acara internasional.  Apabila anda menyukai olahraga air / watersport di Nusa Dua merupakan tempat yang tepat.  Anda hanya menempuh jarak 1 km ke utara yaitu dikawasan Tanjung Benoa.  Ada banyak tempat yang bisa anda pilih untuk melakukan olahraga air seperti senorkeling, diving, parasailing, banana boat, dan lain-lain.

Pulau Penyu

Untuk mencapai tempat ini kita bisa menyewa perahu atau boat dari Tanjung Benoa, kurang lebih menempuh waktu 20 menit.  Di Pulau Penyu kita bisa melihat tempat penangkaran dan pelestarian berbagai spesies penyu yang hampir punah.  Penyu-penyu ditempat ini sengaja dibiarkan berkembang biak secara alami dimana anak-anak penyu yang sudah cukup kuat berenang akan dilepas, sementara induknya akan tetap dilestarikan dan dikembangbiakkan di tempat penangkaran.

Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun terletak di Desa Mengwi, Kabupaten Badung sekitar 18 Km kearah barat dari Denpasar.  Pura Taman Ayun merupakan pura yang dibuat pada jaman kerajaan Mengwi yang dipergunakan sebagai tempat wisata keluarga kerajaan.  Kompleks Pura Taman Ayun menempati lahan seluas 100 x 250 m2 tersusun atas pelataran luar dan 3 pelataran dalam.  Bagian Jaba Pura terletak disisi luar kolam dan terdapat jembatan yang melintasi kolam menuju ke pintu gapura / candi bentar yang merupakan jalan masuk menuju pelataran dalam.  Di halaman pelataran ini terdapat sebuah wantilan yang digunakan untuk pelaksanaan upacara dan tabuh rah / sabung ayam pada saat penyelenggaraan upacara.  Di ujung jalan pelataran pertama terdapat pintu gerbang untuk menuju pelataran kedua.  Sebuah bangunan pembatas dihiasi relief yang melambangkan 9 Dewa penjaga arah mata angin berada tepat berseberangan dengan pintu gerbang.  Dipelataran kedua ini juga terdapat Pura disebelah timur dan balai kulkur disebelah barat.  Pelataran tertinggi yaitu pelataran dalam ketiga yang merupakan kawasan suci pura dimana didalamnya terdapat sejumlah pelinggih yaitu Padmasana, Padma Rong Telu, Meru, Candi, Gedung dan bangunan suci lainnya.  Pura taman ayun ini pernah hancur karena gempa bumi yang terjadi pada tahun 1917.  Didalam Pura terdapat Candi Bentar dan Tugu yang tingginya mencapai 16 m yang dibangun sesuai arsitektur jawa, sedangkan candi kecil berjumlah 64 buah berupa tempat duduk merupakan tugu dari leluhur pada jaman megalitikum untuk mengenang para kesatria yang gugur dalam perang.

Sangeh

Sangeh merupakan salah satu obyek  wisata favorit dan sangat terkenal di Bali yang berlokasi di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung dan berjarak sekitar 50 km atau sekitar 45 menit perjalanan dari kota Denpasar. Selain sebagai obyek wisata, Sangeh juga merupakan kawasan hutan lindung dengan luas 14 hektar dan sebagian besar ditumbuhi dengan pohon-pohon pala (dipterrocarpustrinervis) setinggi lebih kurang 50 meter serta dihuni oleh sekitar 700 hewan kera abu-abu (macaca faciculais).

Memasuki kawasan ini, pada candi bentar (pintu gerbang) terdapat patung besar yang berwujud ksatria raksasa, yaitu Kumbakarna yang sedang dikeroyok puluhan kera-kera. Patung ini menggambarkan kisah pewayangan Ramayana yang sangat dikenal masyarakat Bali. Di sekitar patung Kumbakarna terdapat dua patung singa, yang salah satunya terlihat sedang mengasuh seekor anak kera. Setelah memasuki pintu gerbang kita akan melewati jalan sepanjang lebih kurang 200 meter menuju hutan pala yang setiap sisinya dipagari dengan tembok batu-batu kali besar yang disusun tidak beraturan. Pada area hutan akan menemukan sebuah pura kecil yang disebut Pura Melanting dan pura yang lebih besar yang dinamakan Pura Pucak Sari. Pada pelataran pura ini, sering kali dipenuhi oleh kera-kera yang tengah bercanda riang. Di bagian sudut pura, terdapat beberapa patung-patung kera sebagai bagian dari arsitektur pura yang menakjubkan dan menurut ceritera masyarakat setempat, hutan dan kera-kera Sangeh merupakan duwe yaitu milik kepunyaan dewa yang melindungi tempat ini. Di penghujung jalan menuju pintu keluar yang agak memutar, terdapat sebuah pohon pala raksasa yang dikeramatkan. Pohon ini mempunyai keunikan dan dinamakan Pohon Lanang Wadon (pohon laki-perempuan). Dinamakan demikian, karena pohon pala ini berbentuk seperti kelamin pria dan wanita yang saling bersebelahan. Keajaiban pohon ini menjadikan salah satu keunikan-keunikan yang menarik di kawasan wisata Sangeh bersama tingkah laku kera-kera dan hutan lindung yang dilestarikan.


Selain tempat wisata diatas, Kabupaten Badung masih banyak memiliki tempat wisata menarik lainnya dapat dikunjungi seperti Pantai Pandawa yang berada dikawasan Desa Kutuh, Pantai Blue Point yang berada di Desa Pecatu, Air Terjun Nung Nung di Desa Pelaga, Kecamatan Petang, dan masih banyak yang lainnya.




No comments:

Post a Comment