Saturday 9 May 2015

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN JEMBRANA

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN JEMBRANA


Jembrana merupakan salah satu kabupaten yang berada di Bali, yang tempatnya berada di bagian paling barat.  Kabupaten jembrana terbagi menjadi 5 kecamatan dan 51 kelurahan.

Kabupaten jembrana banyak memiliki tempat wisata menarik dan ditunjang dengan kesenian khas daerahnya yaitu Seni Jegog dan balap sapi Makepung.
Walaupun tempat wisatanya kurang begitu dikenal dibandingkan dengan kabupaten lainya seperti Tabanan, Badung, Gianyar, Karangasem, dan yang lainya, namun jika anda datang ke Bali dari arah barat, tidak ada salahnya kan jika anda berkunjung ketempat-tempa berikut ini :


Taman Nasional Bali Barat


Taman Nasional Bali Bara merupakan tempat kawasan pelestarian alam flora dan fauna yang dapat dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rekreasi, pendidikan, dan penelitian.


Musium Manusia Purba


Selain Taman Nasional Bali Barat, di Gilimanuk teranda dapat mengunjungi Musium Manusia Purba.  Didalam musium ini terdapat rangka manusia purba yang diperkirakan hidup pada akhir masa prasejarah dengan ciri-ciri Ras Mongoloid yang diteliti oleh para ahli di Indonesia pada tahun 1963 diantaranya Prof. DR R Soejono dan Prof DR T Jacub.  Didalam musium ini juga terdapat barang koleksi hasil galian seperti manik-manik, gelang dari kayu dan kerang, mangkuk dari tanah, tajok, sarkopagus, dan lain-lain.


Bendungan Palasari


Obyek wisata ini berlokasi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, jika ditempuh dari Gilimanuk sekitar 30 menit.  Bendungan ini berfungsi sebagai pengendali bencana banjir, irigasi, perikaan, dan tempat wisata.  Bendungan Palasari sangat cocok untuk wisata tirtha dan wana wisata karena dilatarbelakangi oleh hutan lindung disekitarnya.


Sangkaragung


Apabila anda sudah sampai di kota Negara, anda dapat mengunjungi Desa Sangkaragung yang terletak kurang lebih 5 km kearah timur kota Negara.  Ditempat ini anda dapat menikmati kesenian khas Jegog yaitu seni tabuh yang terbuat dari bambu yang sudah terkenal di Jepang.  Kesenian jegog ini dipentaskan untuk wisatawan setiap hari kamis dan minggu di Sanggar Jegog Suar Agung.


Obyek Wisata Prancak


Di Perancak terdapat pelestarian penyu laut yaitu Kurma Asih dan terdapat pusat riset teknologi kelautan, stasiun bumi NOAA (National Oceanib and Atmospheric Administration) yang berfungsi menentukan titik-titik berkumpulnya ikan laut yang dipantau dari satelit.  Disini anda dapat juga melihat hamparan tumbuhan bakau yang jenisnya beraneka ragam.


Taman Rekreasi Tirta Samudra Delod Berawah


Taman rekreasi ini berada tidak jauh dari Perancak.  Tempat ini dilengkapi dengan kolam renang air laut yang merupakan kolam renang air laut pertama yang mempunyai efek hydrotherapy atau pemulihan dan penyembuhan beberapa penyakit.


Pura Rambut Siwi


Pura ini berjarak 18 km dari kota Negara.  Pura ini merupakan Pura Dang Kahyangan yang merupakan tempat persimpangan Dang Hyang Nirartha yang datang ke Bali dari Majapahit untuk melakukan perjalanan keagamaan, dimana rambut beliau disimpan di Pura ini.  Dari pura ini kita dapat menikmati pemandangan laut lepas dan sunset pada sore hari.


Pantai Medewi


Pantai ini yang indah dan memiliki ombak yang panjang yang sangat cocok untuk surfing.  Pantai Medewi berada di Desa Medewi sekitar 24 km dari kota Negara dan 72 km dari Denpasar.


Obyek Wisata Bunut Bolong


Obyek wisata ini terletak di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan tepatnya 49 km dari kota Negara dan 86 km dari Denpasar.  Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini terdapat pohon bunut besar dan ditengah-tengah akarnya terdapat jalan yang menghubungkan kecamatan Pekutatan dengan kabupaten Buleleng, dan disekitarnya terdapat banyak pohon cengkeh yang terlihat indah.  Di tempat ini terdapat pula Pura Bujangga Sakti yang disungsung oleh umat Hindu.


Pantai Pengeragoan


Obyek wisata ini beada di ujung timur kabupaten jembrana berbatasan dengan kabupaten Tabanan.  Disini anda dapat melihat pemandangan laut lepas sambil beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke kabupaten Tabanan.

2 comments:

  1. pantai pengeragoan memang tempat yang bagus untuk istirahat sejenak dari denpasar atau gilimanuk

    salam dari kami,
    ALEXA PHOTO - jasa prewedding di negara/jembrana

    ReplyDelete
  2. Salam,
    Masih banyak tempat lainnya di Jembrana yang memiliki potensi...hanya saja perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut

    ReplyDelete