Saturday 9 May 2015

TEMPAT WISATA FAVORIT DI KABUPATEN TABANAN

TEMPAT WISATA FAVORIT DI KABUPATEN TABANAN


Kabupaten Tabanan merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Bali berbatasan dengan kabupaten Jembrana di sebelah barat, kabupaten Buleleng di utara, kabupaten Badung di sebelah timur, dan Samudra Hindia di sebelah selatan. Jarak dari kota Denpasar sekitar 35 km.  Tabanan banyak memiliki tempat wisata menarik yang patut anda kunjungi jika berlibur ke Bali, diantaranya :

Tanah Lot


Obyek wisata Tanah Lot merupakan tempat wisata paling favorit yang ada di kabupaten Tabanan karena paling banyak pengunjung setiap harinya.  Pura yang berdiri di atas batu karang di areal pantai membawa daya tarik tersendiri ditambah pemandangan sunset di sore hari membuat kita takjub melihat keindahan dari Tanah Lot ini.  Pura ini dibangun pada abad 16 oleh Dang Hyang Nirartha dalam perjalanan keagamaan dari Majapahit ke Bali.


Bedugul












Obyek wisata ini berada di ujung utara kabupaten Tabanan berbatasan dengan kabupaten Buleleng di sebelah utaranya.  Berada diketinggian 1240 m dari permukaan laut,  Bedugul memiliki udara yang dingin dan berkabut.  Di Bedugul terdapat 2 tempat wisata yaitu Kebun Raya Eka Karya yang merupaka tempat pelestarian tanaman langka dan danau Beratan yang terdapat pura di area danau yang disebut Pura Ulun Danu.  Anda bisa menikmati pemandangan disekitar danau dengan menyewa boat.


Jatiluwih


Jatiluwih merupakan sebuah desa di kaki gunung Batukaru kecamatan Penebel jika ditempuh dari Tabanan kurang lebih 30 menit perjalanan.  Jatiluwih menyuguhkan panorama rice terrace dimana sawahnya yang berundag serta memiliki hawa yang sejuk karena berada di ketinggian 700 m diatas permukaan laut.  Jatiluwih dinominasikan masuk daftar UNESCO World Heritage sebagai warisan budaya dunia.


Alas Kedaton



Obyek wisata Alas Kedaton terletak di Desa Kukuh, Kecamatan Marga sekitar 3 km ke arah utara dari kota Tabanan.  Alas Kedaton memiliki Pura yang dikelilingi hutan yang dihuni oleh kera yang dianggap keramat serta terdapat kelelawar besar yang jumlahnya sangat banyak.


Taman Pahlawan Margarana


Monumen taman pahlawan ini terletak di Desa Kelaci, Kecamatan Marga menempuh perjalanan kira-kira 45 menit dari kota Tabanan, jika anda berwista ke Bedugul anda bisa mampir terlebih dahulu.  Monumen yangdibangun pada tahun 1954 ini memiliki luas 25 hektar dan menampung 1.342 nisan pahlawan perang kemerdekaan Indonesia di Bali.


Taman Kupu-kupu


Taman kupu-kupu termasuk obyek wisata populer di Kabupaten Tabanan, tempat wisata ini berada di Br. Sandan Lebah, Desa Wanasari, Kecamatan Penebel.  Obyek wisata yang dibangun pada tahun 1996 ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan dan rekreasi.  Ditempat ini anda dapat melihat berbagai spesies kupu-kupu dan juga terdapat segala jenis pernak pernik kupu-kupu yang dapat dijadikan oleh-oleh.


Obyek wisata diatas adalah obyek wisata yang paling sering dikunjungi, disamping itu Tabanan masih banyak memiliki tempat-tempat lain yang menarik yang dapat dikembangkan kedepanya.

No comments:

Post a Comment